dark

Beragam Fakta Unik Soal Istana Cipanas

Istana Kepresidenan Cipanas. Foto: Dok/cianjurkab.go.id
Istana Kepresidenan Cipanas. Foto: Dok/cianjurkab.go.id

Halo kawan Funatic. Sebagian dari kalian mungkin sudah pada tahu soal Istana Cipanas. Istana Cipanas ini adalah salah satu Istana Kepresidenan yang berada di Puncak, tepatnya di Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Istana ini terletak di kaki Gunung Gede, tepatnya kurang lebih 103 km dari Jakarta ke arah Bandung melalui Puncak.

Tapi kalian udah pada tahu belum mengenai fakta unik Istana Cipanas? Berikut ragam fakta unik yang dirangkum Funatic.id dari akun Instagram Kementerian Sekretariat Negara @Kemensetneg.ri :

  1. Gedung Induk

Arsitektur gedung induk yang mulai dibangun tahun 1740 ini, berbeda dengan bangunan Istana Kepresidenan lainnya. Gaya arsitektur Istana Cipanas adalah perpaduan gaya bangunan musim panas khas kolonial Belanda yang disesuaikan dengan iklim tropis di Indonesia dengan material bangunan didominasi dari kayu.

  1. Gedung Pemandian Air Panas

Kenapa namanya Cipanas? Karena terdapat sumber air panas alami yang merupakan cikal bakal dibangunnya Istana ini. Ci dalam bahasa Sunda berarti “air”, maka dinamakan Cipanas yang artinya air panas.

  1. Gedung Bentol

Ada juga bangunan mungil dan unik di Istana Kepresidenan Cipanas. Namanya Gedung Bentol, yang merupakan rumah mungil hasil rancangan R.M. Soedarsono dan F. Silaban. Disebut Gedung Bentol, karena dinding dan lantai bagian luar yang terbuat dari ornamen batu alam memiliki motif menonjol seperti bentol-bentol. Gedung Bentol yang digagas oleh Presiden Soekarno ini diresmikan pada tahun 1954.

  1. Ho Chi Minh

Pada tahun 1959 Presiden Soekarno menerima kedatangan Presiden Vietnam Ho Chi Minh di Istana Kepresidenan Cipanas. Kegiatan pertemuan empat mata berlangsung di Gedung Bentol.

  1. Ruang Makan

Pada tanggal 13 Desember 1965, ruang makan di Gedung Induk Istana Kepresidenan Cipanas, pernah difungsikan sebagai tempat kabinet bersidang dalam rangka perubahan nilai mata uang dari Rp1.000.00,- menjadi Rp100,- sewaktu jabatan Menteri Keuangan Repubik Indonesia dipegang oleh Frans Seda.

  1. Museum

Istana Kepresidenan Cipanas juga punya sebuah lukisan unik yang judulnya “Jalan di Tepi Sawah”. Keunikan karya S. Soedjono ini ada pada objek jalan yang terlihat sama meskipun dilihat dari sudut yang berbeda. Lukisan ini menjadi salah satu icon Istana Cipanas dan dikenal dengan “Jalan Seribu Pandang”.

  1. Hutang Lindung

Hal menarik lainnya, Istana Kepresidenan Cipanas merupakan satu-tahunya Istana Kepresidenan yang memiliki Hutan Lindung. Area seluas 2,5 Ha ini berfungsi sebagai manusia “Paru-paru bagi lingkungan sekitar”.

Istana Kepresidenan Cipanas. Foto: Dok/cianjurkab.go.id

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Gambar ilustrasi. Dok/Oliana Gruzdeva/Pixabay

Agar Rambut Kalian Tetap Kece saat Musim Hujan, Ini Tipsnya